Pemda Konut Bakal Berlakukan Kembali Mata Pelajaran Muatan Lokal 

Konawe Utara, Sultrapost.com – Guna melestarikan budaya suku Tolaki khususnya dalam menggunakan bahasa daerah, Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin bakal memberlakukan kembali mata pelajaran berbahasa daerah (muatan lokal) di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Konut.

“Ini dalam rangka melestarikan budaya adat suku tolaki, khususnya bahasa tolaki itu sendiri. Apa lagi saat ini telah terjadi degradasi, perubahan akibat lingkungan.” ungkapnya.

Kata dia, pihaknya kini tengah  mempelajari isi buku dari beberapa penerbit, yang nantinya akan disusun dan dicetak.

“Sudah ada beberapa buku dari penerbit, yang kita sudah coba pelajari isinya bagaimana, kita buat isinya yang kemudian nanti kita berikan ke sekolah dan dijadikan mata pelajaran muatan lokal,” bebernya.

Sedangkan untuk regulasi lanjut Ruksamin, yang juga ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lembaga Adat Tolaki (LAT), pihaknya masih akan melihat sejauh mana tingkat manfaatnya.

“Kalau masalah penekanan misalnya, kita akan buatkan dalam bentuk regulasinya, saya kira kita lihat dulu sejauh mana tingkat manfaatnya. Yang jelas kita berikan dulu,” tutupnya. 

Laporan: Aidil

405 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Share

Berita lainnya

Leave a Comment