Desak PT BPB Ganti Rugi, Warga Roraya Geram Terhadap Ulah Pendemo

Konawe Selatan, Sultrapost.com – Aksi unjuk rasa yang akhir-akhir ini sering dilakukan sekelompok orang yang mengaku sebagai petani rumput laut, untuk mendesak PT Baula Petra Buana (BPB) membayar ganti rugi tanaman rumput laut mereka rupanya membuat geram masyarakat Desa Roraya, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Pasalnya, masyarakat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Konsel Peduli Tambang (FMKDT) Desa Roraya, meresa sangat terganggu dengan ulah mereka, sehingga pada Kamis (11/1/2018) mendatangi palabuhan jety PT Baula Petra Buana (PPB), untuk mengusir para petani rumput laut itu.

Salah satu tokoh masyarakat Roraya,  Minsar mengatakan, bahwa pihak perusahan sebenarnya telah membayar ganti rugi kepada para petani asli rumput laut.

“Kemarin itu perusahaan sudah membayarkan ganti rugi kepada para petani asli rumput laut. Nah kelompok yang mauncul ini itu kita tidak tahu, karena banyak dari mereka itu bukan masyarakat Kecamatan Tinanggea,” ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya Direktur PT BPB, Adi Aksar dalam konfrensi perssnya pada (5/12/2017) lalu, juga sudah menegasakan jika aktivitas pelabuhan Jety PT Baula tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

“Sebelunnya sudah ada uji laboratoium yang mana, Tim laboratorium Budi Daya Perikanan dan Air Payau Makassar melakukan uji kualitas air laut, dan hasilnya negatif serta berada dalam batas air, artinya tidak terjadi pencemaran terhadap rumput laut dan tambak ikan warga,” ujar Adi Aksar, kemarin (5/12/2017).

Bahkan, pihak perusahaan sia mengganti rugi apabila ada masyarakat yang menjadi korban dari pencemaran lingkungan dari aktivitas PT Baula.

“Sebelumnya kami sudah hearing di DPRD Konsel bahwa jika memang ditemukannya ada dampak terhadap lingkungan, kami siap bertanggungjawab dalam memberikan kompensasi. Namun jika tidak ada dampak, ya tentunya kompensasi itu tidak mungkin akan dilaksanakan. Karena kami tetap mengacu pada hasil kesepatakan bersama,” tegasnya.

Laporan: Aidil

835 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Share

Berita lainnya

Leave a Comment