KPU Muna Sosialisasi Silon, Sistem Aplikasi Caleg 2019.

Sutra24.Com, Muna – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna menggelar sosialisasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) kepada sejumlah Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019, di Aula Kantor KPU Muna, Kamis (07/06/2018).

Silon merupakan aplikasi yang wajib diisi bagi calon anggota Legislatif (Caleg) baik tingkat DPR RI, DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten/kota.

Komisioner KPU Muna, Andi Arwin mengatakan, pengisian Silon hanya dilakukan selama 30 hari sebelum pendaftaran. Namun terlebih dahulu harus mengajuan satu anggota dari setiap Parpol untuk menjadi operator Silon dengab Syarat SK, yang dilampirkan dengan foto copy KTP, KTA, dan foto calon operator.

“Silon wajib diisi supaya penyelenggara Pemilu bisa mencegah adanya data ganda peserta Pemilu. Jika seseorang sudah mendaftar di Parpol tertentu, maka akan ketahuan jika mendaftar ke Parpol lain”ungkapnya

Penggunaan aplikasi Silon ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pemilu. Sebab, masyarakat nantinya bisa melihat langsung biodata dan rekam jejek peserta Caleg Pemilu 2019. Baik profil diri dan keluarga, pendidikan, organisasi dan sebagainya akan termuat di dalam Silon.

Penulis : Jufri Hasan

4,462 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Share

Berita lainnya

Leave a Comment